Cara Membagi Partisi Hardisk baru Di Windows 7







Pertisi merupakan proses pembagian ruang hardisk ke dalam beberapa bagian, selain berguna untuk mempermudah anda dalam penempatan data juga berguna untuk menyelamatkan data-data penting jika sewaktu-waktu anda ingin meng-install ulang Laptop/PC bahkan ketika System C diserang virus.

 


Berikut Cara Membagi Partisi Hardisk Di Windows 7:


Pada Desktop klik kanan "My Computer" terus pilih "Manage", atau buka windows explorer dan klik kanan pada "My Computer" dan pilih "Manage".



                                 

                                          



Jika muncul pesan error saat klik manage, silahkan baca artikel Cara mengatasi tidak bisa manage my computer di win7


  • Setelah itu akan muncul jendela baru dan  klik "Disk Management"

 


  • Untuk Membagi atau Menambah Partisi, yang harus anda lakukan adalah memperkecil ukuran Drive/Partisi yang ingin anda bagi. Untuk contoh disini saya membagi Drive D.

  • Setelah itu klik kanan pada Drive yang ingin anda bagi, lalu klik "Shrink Volume". Selanjutnya OS akan melakukan Querying terhadap Drive yang anda bagi, tunggu hingga proses selesai



  • Kemudian akan muncul jendela baru, karena disini saya membagi Drive D maka yang muncul "Shrink D:", begitupun jika anda membagi C, E dst. Selanjtunya Perhatikan pada "Enter the amount of space to shrink in MB:", disini anda bisa menentukan besarnya volume partisi. Untuk contoh saya memasukkan 130.000 MB (130 GB). Isikan sesuai dengan Volume Partisi yang anda inginkan dan perlu diingat Volume Partisi yang anda buat tidak boleh melebihi angka pada "Size of available shrink space in MB:". Setelah semua selesai klik "Shrink".
  • Partisi yang anda buat tadi sudah jadi. Langkah selanjutnya anda harus menformat partisi baru dengan klik kanan pada partisi (Unallocated) yang anda buat tadi dan pilih "New Simple Volume
 
  • Setelah itu akan muncul jendela baru, silahkan klik "Next".
  • Akan ada muncul jendela baru lagi, disini anda menentukan ukuran besarnya hard disk yang ingin anda format, sebaiknya langsung saja klik "Next".
  • Berikutnya tentunkan huruf Drive yang anda inginkan, misalnya Drive E, F, G dst. Sekedar saran sebaikya anda tidak usah mengubahnya karena secara otomatis huruf Drive sudah berurut, langsung saja klik "Next".
  • Langkah berikutnya akan muncul jendela Format Partition, pada File System pilih "NTFS" dan Allocation unit size pilih "Default" dan Volume Label isikan dengan nama yang anda inginkan. Setelah itu centang "Perform a quick format" lalu klik "Next".
 

  • Berikutnya akan muncul jendela baru yang menampilkan pengaturan yang sudah anda buat, jika sudah tidak ada lagi yang perlu di rubah silahkan klik "Finish".
  • Sekarang Partisi yang anda buat telah selesai, dan sudah bisa anda gunakan, silahkan cek partisi baru anda di windows explorer.
Itulah langkah-langkah tentang bagaimana membagi partisi hardisk pada windows 7, dengan cara ini anda tidak perlu menginstal ulang ataupun software tambahan. Selamat mencoba...




background